Dalam Template Marketing Funnel ini, saya menggunakan AISAS Model (Attention, Interest, Search, Action, Share) yang dibuat oleh Dentsu.

Pertama kali menemukan model ini dalam buku The Dentsu Way, tahun 2010 yang lalu. Dan selalu menggunakannya untuk bisnis saya sendiri dan setiap business project yang saya kerjakan sejak itu.

IMHO, untuk bikin suatu communication design yang terencana dan rinci buat setiap produk yang kita miliki, AISAS Model ini sampai detik ini masih sangat relevan kok :)

Saya customize dan adjust sedikit dari model AISAS yang asli, namun tetap memakai dasar yang sama: Attention, Interest, Search, Action, Share. *Semoga pemahaman saya tidak salah :)

Ada sedikit tambahan tentang The Flywheel Model, beserta keterangan dan penjelasan singkat tentangnya, dalam file tersebut.

From what I see, mengkombinasikan Business Canvas dengan AISAS, dan menjalankannya dengan memahami dasar konsep dari The Flywheel Model, sepertinya cukup untuk menjadi dasar dalam menggerakkan bisnis kita di era sekarang ini :)

 

Seperti template Business Canvas yang sudah saya upload di sini, saya mencoba membuat template juga dan saya upload di sini biar bisa bantu lebih banyak orang.

Seperti template sebelumnya, file ini saya sebarkan dalam format yang editable (dalam hal ini PowerPoint), supaya dapat langsung digunakan dan diisi di file yang sama. Semoga petunjuk-petunjuk yang saya coba berikan sudah cukup mudah dipahami dan bisa membantu :)

Enjoy! ;)

The biggest benefit of documenting your plan is: it enables you to even confront your own thoughts.
— Arya Dhiratara

Definisi Marketing Funnel kurang lebih adalah proses untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan tahapan-tahapan yang harus dilalui suatu produk, hingga produk itu akhirnya terbeli.

Dari mulai tahap awareness, saat target pasar kita pertama kali mengetahui atau mendengar tentang produk kita, hingga tahap terjadinya proses pembelian atau transaksi.

Yes, we do need to identified all of those stages, bahkan sejak sebelum produk itu diluncurkan, in order to find the best communication design/plan for each of our products.

Di era sekarang ini, Marketing Funnel juga harus meliputi tahapan yang penting setelah terjadinya proses pembelian; rekomendasi / referral / word-of-mouth, agar siklus-nya bisa terus berulang, terus dan terus. AISAS Model dari Dentsu mampu memfasilitasi itu.

Hope it helps!

Disclaimer:
Saya ngga jago. Hanya bisa sedikit, dan tau sedikit. I’m far from mastering it. Kalau ada yg salah dari pemahaman saya, mari diskusi ;)
Japri, komen, kasih feedback, input, bahkan cacian, I’m encouraging you to do that, semuanya pasti bisa membantu untuk membuat template-semi-modul ini jadi lebih baik. Iya, ini akan saya update terus ;)

So, your feedback or comment will be much appreciated. It will help me, on helping others :)